Belaar Fisika: Sunyi Bulan


Tahukah kamu...


Bulan adalah tempat yang sunyi. Di bulan kamu tidak dapat mendengar bunyi sama sekali. Lalu bagaimana para astronot di bulan berkomunikasi?



Tidak seperti di bumi, di bulan  tidak ada atmosfer. Karena itu sama sekali tidak ada partikel-partikel udara seperti di bumi yang dapat merambatkan getaran dari  suatu sumber bunyi ke telinga astronot.Untuk dapat merambatkan bunyi memerlukan medium. Karena alasan ini, maka bunyi tidak dapat merambat di bulan. Sebagai akibatknya para astronot tidak dapat bercakap-cakapsecara langsung  walaupun jaraknya sangat dekat. mereka harus bercakap-cakap dengan menggunakan gelombang radio, sama seperti dua orang di bumi yang berbicara melalui handphone (teepon genggam). Gelombang radio termasuk gelombang elektromagnetik, yaitu suatu gelombang yang dapat merambat melalui vakum (tanpa medium).

Karena tak adanya atmosfer itulah bulan menjadi tempat yang sunyi, bahkan seorang astronot yang sedang mengendarai kendaraan di permukaan bulan pun tidak dapat mendengar suara mesin kendaraannya.

Mau mencoba hidup di bulan? :D


0 komentar:

Posting Komentar

© 2011 Belajar Fisika, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena